Kamis, 24 September 2015

Cara mudah mentautkan menu dengan label

Penggunaan label merupakan salah satu bagian penting di dalam halaman blog. Label berfungsi untuk mengumpulkan artikel-artikel berdasarkan satu kategori yang telah kita tentukan dalam sebuah halaman label. Maka dengan cara seperti ini pengunjung akan semakin leluasa untuk menjelajahi blog kita.
Untuk menampilkan daftar label pada halaman blog, blogspot sudah menyediakan widget label. Konten berupa label ini bisa kita pasang di mana pun kita inginkan, termasuk pada Menu Navigasi.

Menu Navigasi yang saya maksud ini adalah menu-menu yang tampil secara horizontal yang biasanya terdapat di sekitar header blog. Menu navigasi ini dapat kita isi dengan konten apa pun. Namun dalam memasukan konten pada Menu navigasi ini lebih dominan dengan cara memasukan URL. Jadi jika kita ingin memasukan konten label pada manu navigasi bagaimana caranya? Sederhana saja, kita tinggal memasukan URL sebuah label pada menu navigasi.
Sebenarnya mungkin bagi sobat Blogger yang sudah lama di dunia blogging posting kali ini merupakan suatu hal yang sudah tidak perlu dibahas lagi. Tetapi bagi pemula, hal seperti ini merupakan sesuatu yang ingin diterapkan namun membuat bingung bagaimana cara menerapkanya. Posting ini saya buat karena ada teman yang bertanya pada saya "Bagaimana cara memasang label di sekitar header seperti punya sobat?". Langsung saja kita mulai.

Login ke akun bloger
Masuk ke Dashboard blog sobat (masuk ketempat sobat membuat postingan baru)


Pada bagian kiri layar ada laman, klik laman tersebut.


Buat laman baru dan masukkan code berikut pada judul laman tersebut.


<li><a href="http://string-art.blogspot.com/search/label/Pemrograman" title="Lihat semua tulisan dalam label Pemrograman">Pemrograman</a></li>
  • warna merah diganti dengan alamat blog atau web.
  • warna biru diganti dengan nama label yang akan digunakan.
  • warna hijau merupakan hint (tulisan muncul ketika kursor mouse diarahkan ke objek tersebut)
  • warna orange digunakan sebagai nama Menu Navigasi pada blog sobat
Simpan hasilnya dan lihat pada blog sobat, cukup disini dulu penjelasannya dan jika ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar